Sabtu, 26 Oktober 2013

Perlunya Manajemen Operasional
Perlunya Manajemen Operasional

Mengacu pada tiga fungsi utama perusahaan, maka dalam fungsi operasional diperlukan Manajemen Operasional. Sehingga dengan demikian, Manajemen Operasional dapat diartikan sebagai rangkaian kegiatan atau aktifitas yang menciptakan nilai produk baik berupa barang maupun jasa melalui proses transformasi input menjadi output. Aktifitas tersebut berlaku untuk berbagai macam produsen barang seperti elektronik, garmen, otomotif, demikian pula berlaku juga bagi produsen jasa seperti media masa, hiburan, pendidikan, konsultan.

Pentingnya  Manajemen Operasional

1. MO merupakan salah satu fungsi utama yang harus ada di semua jenis organisasi sehingga apabila akan mengelola organisasi maka mau tidak mau harus mempelajari konsep MO. 

2. Dengan mempelajari MO, kita dapat mengetahui seluk beluk dan berbagai hal yang berkaitan dengan cara memproduksi barang maupun jasa 

3. Dengan mempelajari MO, kita dapat memahami dan mengerti dengan benar apa yang seharusnya dilakukan oleh manajer operasional. penting sekali untuk dipelajari. Hal ini dapat diartikan efektifitas dan efisiensi MO 

4. Karena MO merupakan bagian yang paling mahal dalam organisasi, sehingga penting sekali untuk dipelajari. Hal ini dapat diartikan efektifitas dan efisiensi MO akan berdampak besar bagi perusahaan 

Tugas Manajer Operasional
 
1.     Desain barang dan jasa.
            Keputusan ini menyangkut sebagian besar proses transformasi yang akan dilakukan, dengan kata lain keputusan operasional berikutnya tergantung pada keputusan desain barang dan jasa.
2.    Manajemen Kualitas.
            Kualitas yang diinginkan konsumen harus ditetapkan, sehingga aturan maupun prosedur untuk mengenali dan memenuhi kualitas tersebut dapat dibakukan.
3.     Desain proses dan kapasitas.
            Menentukan proses yang akan digunakan dalam kegiatan operasional dan kapasitas yang akan digunakan merupakan hal penting dalam manajemen operasional karena berkaitan dengan berbagai hal.
4.        Strategi lokasi. Lokasi yang dipilih untuk melakukan kegiatan operasional perusahaan baik yang bergerak di sector barang maupun jasa akan sangat menentukan prestasi perusahaan.
5.    Strategi layout. Layout atau tata letak akan berdampak pada efisiensi dan efektifitas kegiatan oprasional. 

Fungsi operasi melibatkan perubahan masukan (input) menjadi keluaran (output).
 

Nilai Tambah & Paket Produk

1. Nilai tambah adalah perbedaaan antara harga dari masukan-masukan (inputs) dengan nilai atau harga keluaran-keluaran (outputs).
2. Paket produk (paket) adalah kombinasi dari barang dan jasa.
      3.  Paket produk dapat menjadikan sebuah perusahaan lebih kompetitif
 
   contoh
Penyiapan makanan
Masukan              Proses         Out put
 Perbedaan Barang dan Jasa
  Barang vs Jasa


Karakteritik
Barang
Jasa
Kontak dengan pelanggan
Rendah
Tinggi
Keseragaman masukan (input)
Tinggi
Rendah
Banyak TK dalam pekerjaan
Rendah
Tinggi
Keseragaman keluaran (output)
Tinggi
Rendah
Keluaran
Nyata
Tdk Nyata
Ukuran produktivitas
Mudah
Sulit
Kesempatan memperbaiki kesalahan
Tinggi
Rendah
Persediaan
Banyak
Sedikit
Evaluasi
Lebih mudah
Sulit
Dapat dipatenkan
Biasanya
Tidak biasanya
  

Tantangan dalam pengelolaan usaha jasa
1Pekerjaan jasa kurang terstruktur dibandingkan pekerjaan manufaktur .
       2 Tingginya hubungan dengan pelanggan/nasabah
3  Rendahnya tingkat keahlian pekerja
4  Tingginya tingkat perputaran tenaga kerja
5 Tingginya keberagaman masukan
6  Kinerja usaha jasa dapat dipengaruhi oleh hal pribadi pekerja.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar