01.
Honda sebuah perusahaan automobile yang berbasis di Jepang telah didirikan oleh Soichiro Honda. Bisnis tersebut mulai berkembang ketika tahun 1947, setelah perang, Jepang kekurangan bensin. Akibat krisis moneter pada waktu itu, kondisi ekonomi Jepang porak poranda dan Honda tidak dapat menjual mobilnya. Keadaan ini memaksa Honda untuk berfikir dan berinovasi bagaimana tetap dapat menjual kendaraannya tersebut. Bagi perusahaan Otomotif apapun, baik yang bergerak dalam manufaktur ( pembuatan motor) maupun jasa servisnya tentulah menyadari bahwa kelangsungan hidup perusahaan lebih penting daripada sekedar laba yang besar. Sekalipun untuk dapat terus bertahan ( Going Concern ), perusahaan memerlukan keuntungan yang cukup. Selanjutnya untuk mendapatkan keuntungan tersebut, produk yang dihasilkan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan serta kepuasan konsumen ( harga, kualitas, pelayanan, dsb. ). Salah satu ujung dari masalah ini adalah proses produksi yang harus baik dalam arti yang luas, agar outputyang dihasilkan baik berupa barang atau jasa, dapat mendukung kelangsungan hidup perusahaan. Di satu sisi setelah proses produksi dan kehidupan perusahaan berjalan yang dengan baik,perusahaan perlu menjaganya dengan baik, mengingat menjaga lebih sulit dari pada saat mendirikannya. Dengan demikian proses dan kegiatan produksi sebagai dapurnya perusahaan perlu dipelajari dengan seksama dan sungguh-sungguh sehingga sebuah perusahaan memiliki devisi produksi yang solid dan dapat dipercaya sebagai tulang punggung kelangsungan hidup perusahaan.
Pertanyaan:
a. 01.
Jelaskan perbedaan barang dan jasa dari perusahaan otomotif tersebut
dan jelaskan pula persamaan nya!
b. 02.
Jelaskan
fungsi manajemen operasional di perusahaan otomotif tersebut!
c. 03.
Jelaskan
pula perbedaan manajemen operasional dan manajemen produksi !
d. 04
Jelaskan
transformasi pada perusahaan manufaktur nya input, proses dan output
e. 05
Jelaskan
transformasi pada servisnya input, proses,output
f. 06
Mengapa
feed back selalu dilakukan dalam proses transformasi
007.Manajemen apakah yang baik di lakukan di perusahaan honda tersebut ? ( manajemen oprasional atau manajemen produksi) jelaskan jawaban and
002 Sebuah perusanaan akan mendirikan sebuah pabrik dengan alternatif 3 lokasi berdasarkan pangsa pasar data maka tentukan lokasi yang ideal dan tentukan konsisten sinya
Lokasi di Medan 4 kali lebih baik di bandingkan Bandung.
Lokasi di Medan 3 kali lebih baik di bandingkan Cirebon
Lokasi di Cirebon 6 kali lebih baik di bandingkan Bandung.
(Random Indek (RI) untuk n = 3 adalah 0,58)
Tentukan persentasi Bobot pilihan untuk masing masing lokasi dan tentukan nilai konsistensi nya
Selamat mengerjakan
bisa kirim jawabannya?
BalasHapus