Selasa, 19 Oktober 2010

PERTEMUAN 3

BISNIS
Upaya yang terorganisir dari individu maupun lembaga untuk memproduksi dan/atau menjual produk (barang/jasa) yang diperlukan masyarakat guna mendapatkan keuntungan
PRODUKSI
 kreasi/pembuatan produk guna memperoleh nilai tambah
MANAJEMEN OPERASI
set aktivitas untuk memperoleh nilai tambah produk melalui transformasi input menjadi output 
EFINISI  STRATEG! OPERAS!
Strategi operasi adalah seperangkat sasaran, rencana, dan kebijakan yang menjabarkan bagaimana fungsi operasi-menunjang strategi bisnis organisas
Schroeder, Anderson, dan Cleveland (1986) mendefinisikan bahwa strategi operasi terdiri dari empat komponen
 1 misi (mission),
2.Tujuan (objectives),
 3.keunggulan khusus (distinctive competence),
4. kebijakan (policies).
 Pencapaian Operasi Global
4 pertimbangan
 
Desain produk global
 Desain proses & teknologi global 
Analisis lokasi pabrik global
 Perhatikan etika dan budaya
VISI
Gambaran kondisi organisasi bisnis pada waktu yang akan datang
MISI
Apakah yang ingin dilakukan oleh organisasi bisnis dan bagaimana organisasi bisnis tersebut  Menyusun perencanaan untuk melaksanakan apa yang ingin dilakukannya
Macam - Macam Wujud Proses Produksi :
ž1. Proses kimia : adalah proses produksi yang menggunakan sifat kimia.
ž2. Proses perubahan bentuk : adalah proses produksi dengan merubah bentuk.
ž3. Proses asembling : adalah proses produksi menggabungkan komponen-komponen mejadi produk akhir.
ž4. Proses transportasi : adalah proses produksi menciptakan perpindahan barang.
ž5. Proses penciptaan jasa-jasa administrasi : adalah proses produksi berupa penyiapan data informasi yang
ž    diperlukan.
ž 
žJenis - Jenis Proses Produksi :
ž1. Proses produksi terus-menerus : adalah proses produksi yang terdapar pola atau urutan yang pasti sejak dari
ž    bahan baku sampai menjadi barang jadi.
ž2. Proses produksi terputus-putus : adlah proses produksi yang tidak terdapat urutan atau pola yang pasti sejak
ž    dari bahan baku sampai menjadi barang jadi




 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar